Contoh CV Lulusan SMK, Format, dan Tips Membuatnya (Lengkap)

Lulus dari sekolah menengah yang bersifat kejuruan membuat banyak siswa berekspektasi agar dapat segera terjun dalam dunia kerja. Meski begitu, cukup banyak pelamar belum mempelajari contoh CV lulusan SMK. Padahal, CV merupakan bagian penting saat melamar kerja karena membawa kesan pertama yang ditujukan pada perusahaan.

Curriculum vitae (CV) merupakan dokumen yang memuat informasi seputar seseorang. Di sini tertera berbagai data penting seperti nama, tanggal lahir, riwayat pendidikan, pengalaman, dan sebagainya. Meski terkesan sederhana, membuat CV tetap harus mengikuti kaidah yang berlaku.

Perbedaan CV dengan Resume

Seringkali masih banyak orang yang mengira CV sama dengan resume. Padahal, keduanya memiliki kaidah penulisan dan muatan yang berbeda. Untuk itu perlu belajar membuat contoh CV lulusan SMK sehingga mampu mengetahui perbedaannya. Berikut aspek yang membedakan keduanya:

  • CV menggambarkan perjalanan hidup serta karir dengan detail cukup lengkap, sedangkan resume menunjukkan pengalaman serta kemampuan secara to the point (langsung intinya).
  • Resume ditulis cukup dalam satu halaman, sedangkan CV umumnya dua sampai tiga halaman.
  • CV memiliki struktur yang wajib dipenuhi seperti kemampuan, riwayat pendidikan dan pekerjaan, serta pencapaian yang pernah didapatkan. Berbeda dengan resume yang lebih fleksibel dapat berubah sesuai keperluan pelamar.

Apa Saja yang Terdapat Dalam CV?

Format untuk membuat CV bagi lulusan SMK sebenarnya serupa dengan CV pada umumnya. Sebelum masuk ke contoh CV lulusan SMK, berikut ini format lengkap yang harus ada dalam CV sehingga lulusan SMK bisa membuatnya dengan terstruktur:

1. Biodata Diri

Dalam elemen yang pertama ini, perlu menulis kontennya secara singkat dan jelas. Perlu diingat jika data diri ini umum dan bukan bersifat privasi. Data yang privasi misalnya agama, jumlah anggota keluarga, zodiak, atau golongan darah.

Jangan lupa untuk turut melampirkan foto diri dengan tampilan rapi, bersih, dengan model formal atau semi formal sehingga terkesan lebih profesional. Sertakan informasi kontak yang dapat dihubungi seperti nomor hp atau email sehingga recruiter bisa menghubungi kembali.

2. Deskripsi Diri

Deskripsi diri adalah bagian penting dalam CV yang dapat memberikan gambaran lebih jauh mengenai diri pelamar. Tuliskan deskripsi diri secara singkat namun dapat memberi bukti dan kesan positif sehingga perusahaan dapat memahami lebih lanjut.

Sertakan peran dan kontribusi seperti apa yang bisa dilakukan untuk perusahaan. Jelaskan tujuan karir sehubungan dengan posisi yang dilamar, sehingga rekruter dapat melihat bahwa ada niat serius untuk bekerja dengan target. Selengkapnya bisa dilihat melalui contoh CV lulusan SMK setelah ini.

3. Riwayat Pendidikan

Perlu diingat bahwa menulis riwayat pendidikan diurutkan secara terbalik, yaitu dari yang terakhir. Sebagai fresh graduate dari SMK, cukup dengan mencantumkan dua jenjang yang terakhir yaitu SMK kemudian SMP.

Hal tersebut bertujuan untuk menyisakan lebih banyak ruang pada CV yang dibuat. Selain itu juga bisa menambahkan riwayat non formal yang lebih relevan dan menjual, contohnya kursus keterampilan atau kelas kepribadian yang pernah diikuti.

Format untuk menuliskan pendidikan formal adalah:

  • Nama sekolah
  • Jurusan yang dipilih
  • Tahun menempuh pendidikan mulai awal sampai lulus

Sedangkan format untuk menuliskan pendidikan non formal yakni seperti berikut:

  • Nama lembaga
  • Jenis program
  • Keterangan (level, jenjang, dan sejenisnya)
  • Tahun menempuh pendidikan dari mulai hingga selesai

Boleh juga menambahkan informasi pada CV seperti:

  • Nilai
  • Prestasi atau penghargaan
  • Judul laporan penelitian

4. Pengalaman Kerja atau Organisasi

Sama dengan menuliskan riwayat pendidikan, di sini pelamar juga menulis dari urutan yang paling akhir. Walaupun belum mempunyai pengalaman kerja, pelamar bisa menuliskan pengalaman lainnya seperti magang, organisasi, atau klub yang berhubungan dengan posisi yang dilamar.

Justru pengalaman seperti inilah yang dapat meyakinkan recruiter bahwa pelamar cukup aktif dalam mengembangkan kemampuan dirinya di luar bidang akademis. Jangan lupa sertakan deskripsi yang memberi bukti nyata seperti capaian, program yang diikuti, peringkat, dan lainnya yang relevan. Hal ini akan ditunjukkan dalam contoh CV lulusan SMK.

5. Kemampuan yang Dimiliki

Kemampuan yang perlu ditulis dalam CV terbagi menjadi tiga, yakni soft skills, hard skills, dan juga bahasa. Penjelasan seputar kemampuan ini krusial untuk menggambarkan kemampuan dari lulusan yang belum ada pengalaman bekerja sebelumnya.

Hal yang seringkali keliru pada bagian ini adalah tolak ukur dari kemampuan yang ditampilkan di CV. Misalnya menuliskan kemampuan berbahasa inggris 85% dengan membuat grafik cantik. Padahal, bagian ini sifatnya subjektif dan sulit bagi rekruter untuk benar-benar tahu kemampuan pelamar.

contoh cv lulusan smk
sumber: www.nesabamedia.com

Contoh CV Lulusan SMK

Setelah mengetahui seperti apa format yang ada dalam CV, tentu perlu dipraktikkan sehingga bisa lebih dipahami bagaimana penggunaannya. Berikut ini contoh CV untuk siswa lulusan SMK yang mengikuti kaidah penulisan dari format yang telah dijelaskan sebelumnya:

Nama: Juno Arintami Kalijaga

Tempat dan tanggal lahir: Surabaya, 23 April 2000

Alamat: Jalan Kertajaya, Mulyorejo

Nomor Hp: 08123456xxxx

Alamat email: [email protected]

Jenis kelamin: Perempuan

Melamar untuk posisi: Guru kelas TK Happy Moon

Lulusan SMK Neokultural jurusan Pekerjaan Sosial dengan kompetensi di bidang caregiver. Memiliki pengalaman magang selama empat bulan di Taman Penitipan Anak Rumah Indah sebagai pendamping anak yang berfokus pada pendampingan emosional dan pembuatan materi sesuai tahap perkembangan anak.

Dapat membuat rencana pembelajaran yang sesuai dengan tujuh aspek perkembangan anak dengan alat, bahan, serta target capaian dan penilaian. Memiliki tujuan untuk mengembangkan keterampilan dan kepekaan diri demi membangun generasi penerus yang lebih matang dan bahagia.

Riwayat pendidikan formal:

  • SMK Neo Kultural, Jurusan Pekerjaan Sosial, 2018-2021
  • SMP Bakti Mulia, 2014-2017

Riwayat pendidikan non formal:

  • Smooth Talk, Bahasa Inggris, Intermediate, 2019-2020
  • Global Art, Menggambar dan Mewarnai, Intermediate A2, 2010-2012

Pengalaman Kerja

Friendship English Course | Guru Les Inggris Kelas Beginner usia 5-8 tahun (2019-2020)

  • Mampu menyiapkan bahan ajar, menjelaskan materi dengan bantuan gambar, melakukan tanya jawab, memberikan kuis, dan laporan harian.
  • Dapat menjelaskan perkembangan anak terkait sikap dan kemampuan belajar selama berada di kelas kepada orang tua atau wali.

Taman Penitipan Anak Rumah Indah | Pendamping Anak usia 2-6 tahun (2017-2018)

  • Mampu membuat rancangan pembelajaran harian yang disesuaikan dengan pedoman tahap usia dan aspek perkembangan anak.
  • Dapat mendampingi anak dalam aktivitas fisik, akademik, sosial, emosional. Berperan sebagai orang tua kedua yang membantu perkembangan anak secara optimal dengan memberinya ruang untuk bereksplorasi dengan fasilitas yang disediakan.

Kemampuan

Soft skills:

  • Kesabaran dan ketelatenan dalam menghadapi anak-anak
  • Rasa ingin tahu akan media yang tepat untuk mengasah keterampilan berpikir anak
  • Kerjasama yang mempertimbangkan satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama

Hard skills:

  • Microscoft excel
  • Menyusun rancangan pembelajaran
  • Mendampingi anak usia dini

Bahasa:

  • Inggris (terlampir sertifikat tes TOEFL dan prestasi selama berada di lembaga kursus Bahasa Inggris)

Itu tadi penjelasan serta contoh CV lulusan SMK yang sesuai dengan kaidah yang berlaku. Dengan penulisan yang lengkap, singkat, dan jelas, dapat memberi cukup informasi yang dibutuhkan oleh recruiter tanpa banyak bertele-tele.

Dari contoh yang dilampirkan, terlihat bahwa kelima aspek yang ada dalam CV sudah terpenuhi. Mulai dari data diri, deskripsi singkat, dilanjutkan dengan riwayat pendidikan baik formal maupun non formal, pengalaman bekerja atau magang, hingga kemampuan yang dimiliki.

Tinggalkan komentar