15 Jenis Tang Dan Fungsinya (Penjelasan Lengkap)

Pada dasarnya alat yang kerap dipakai untuk melakukan pekerjaan dalam bidang teknik jenisnya cukup beragam. Dimana satu diantaranya adalah bernama tang. Maka dari itu jenis tang dan fungsinya penting diketahui bagi para pekerja.

Bahkan dapat dikatakan bahwa alat ini tak hanya sering dipakai oleh pekerja teknik saja. Akan tetapi juga para pekerja yang masih awam sekalipun. Pembahasan selebihnya dapat disimak dalam uraian berikut:

Jenis Tang Beserta Fungsinya

Dilihat secara umum fungsi dari tang itu sendiri yaitu untuk melakukan pemotongan, kemudian pemutaran maupun pembengkokan terhadap objek tertentu. Bentuk dari yang itu sendiri hadir layaknya gunting. Berikut daftar jenis peralatan bernama tang yang harus pekerja ketahui:

Tang Kombinasi

jenis tang kombinasi
sumber: bhineka.com

Daftar pertama dari jenis tang dan fungsinya yaitu bernama Kombinasi. Sebutan nama tersebut sendiri lantaran alat satu ini mempunyai banyak kegunaan. Ujung dari alat ini dapat dimanfaatkan untuk memegang beragam hal. Misalnya saja seperti kabel maupun kawat kemudian membuatnya melengkung.

Adapun bagian yang berbentuk gerigi yang terletak di tengah mempunyai fungsi untuk melakukan pemutaran terhadap benda yang berbentuk bulat. Misalnya saja semacam benda bernama mur maupun baut. Untuk bagian pangkal umumnya sering dipergunakan untuk melakukan pemotongan kabel.

Pekerja perlu mengetahui bahwa jenis alat ini tergolong dalam kategori tang yang cukup terkenal pemakaiannya. Hal tersebut lantaran sifatnya yang mampu dipakai untuk beragam kebutuhan. Dengan kata lain mempunyai sifat multifungsi.

Tang Lancip

jenis tang lancip
bhineka.com

Daftar peralatan satu ini sering juga dijuluki menggunakan nama Tang Cucut. Jika dilihat sekilas tang ini memang memiliki kemiripan dengan tang bernama kombinasi. Akan tetapi yang menjadi letak perbedaan yaitu alat ini yang memiliki tampilan rahang yang cenderung lebih lancip serta panjang.

Dari bentuk lancip serta panjang inilah sejumlah orang menyebutnya mirip layaknya ikan Cucut. Hingga tak mengherankan jika tidak sedikit orang Indonesia yang menyebutnya dengan Tang Cucut. Adapun dilihat dari fungsinya hampir sama dengan yang kombinasi.

Yakni melakukan pemotongan, kemudian memutar dan lainnya terhadap objek. Akan tetapi jenis tang ini mempunyai kelebihan ketimbang tang lainnya. Yaitu terletak di bagian area jangkauanya yang mampu dipakai pada tempat yang sempit sekalipun.

Tang Potong

tang potong
indonesia.alibaba.com

Layaknya nama yang dipakai, jenis tang dan fungsinya kali ini mempunyai kegunaan untuk menjalankan pemotongan suatu objek. Perkara tersebut dikarenakan Tang Potong hadir memakai bentuk rahang yang tergolong lebih tebal serta tajam. Hingga mampu dimanfaatkan guna menjalankan pemotongan kawat, kemudian kabel maupun fiber.

Pada dasarnya fungsi yang terdapat pada alat ini tidak jauh berbeda dari alat pemotongan bernama gunting. Namun objek yang dipotong saja yang menjadi perbedaan. Dimana objek tersebut tergolong lebih spesifik serta berbeda.

Jenis alat satu ini mudah dijumpai pada dunia kelistrikan. Ukuran yang dihadirkan oleh jenis tang ini juga beragam. Dimana semakin bertambah besar ukuran yang dimiliki. Maka kekuatan potong yang dihadirkan juga bertambah semakin kuat.

Tang Snap Ring

jenis tang snap ring
shopee.co.id

Nama dari jajaran tang dan fungsinya selanjutnya ditempati oleh tang bernama Snap Ring. Perlu pekerja ketahui bahwa jenis peralatan ini punya fungsi yang bersifat khusus. Dimana kegunaan tersebut tidak lain yaitu untuk melakukan penjepitan pada snap ring ataupun circlip.

Objek tersebut umumnya terdapat pada suatu mesin, hingga tak heran apabila sering dipergunakan dalam dunia perbengkelan. Nantinya pekerja bisa melakukan penuntutan terhadap jenis alat ini dengan dua bentuk tidak sama. Dimana yang pertama yaitu tang yang mempunyai bentuk ujung lurus, sedangkan yang kedua mempunyai bentuk ujung melengkung.

Baca Juga: 10 Macam-macam Palu Dan Fungsinya(Lengkap dengan Gambar)

Tang Pembulat

jenis tang pembulat
tokopedia.com

Layaknya nama yang tersemat, peralatan satu ini kerap dipakai dalam menjalankan pembuatan lengkung suatu objek sampai dengan mempunyai tampilan bulat. Jika dilihat secara umum, maka cara penggunaan dari alat satu ini tidak berbeda jauh dari yang kebanyakan. Yakni untuk melakukan penjepitan, kemudian pelengkungan dan lainnya.

Sering kali jenis tang ini dipergunakan untuk melakukan pembuatan aksesoris. Misalnya saja seperti membuat lengkung kawat, kemudian melakukan pemasangan manik-manik dan lainnya. Hingga dengan begitu alat ini cukup membantu dalam pembuatan aksesoris tersebut.

Tang Buaya

jenis tang buaya
bhineka.com

Tak mengherankan apabila jenis peralatan ini kerap dinamai memakai istilah Tang Buaya. Adapun alasannya tidak lain lantaran tang ini hadir dengan tampilan mulut yang mempunyai moncong layaknya hewan buaya. Di samping sebutan tang buaya, alat ini juga mempunyai julukan lain yaitu tang penjepit.

Dilihat secara khusus Tang Buaya mempunyai fungsi yakni melakukan pemegangan objek maupun suatu benda kemudian dilakukan pemutaran. Umumnya dipakai untuk melakukan pengencangan maupun pembukaan terhadap objek berupa mur maupun baut. Nantinya pekerja mampu melakukan penyesuaian sendiri lebar mulut tang yang diinginkan.

Tang Crimping

jenis tang cimpring
shoope.co.id

Apabila dilihat dari segi khusus, jenis tang dan fungsinya kali ini mampu dipakai guna menjalankan proses penyambungan terhadap suatu objek. Dimana yang dimaksud dengan objek di sini adalah seperti kabel telepon maupun kabel wifi yang terdapat di bagian konektor. Disamping itu tang ini juga dapat dipakai untuk kebutuhan lain.

Misalnya saja seperti melakukan pengupasan maupun pemotongan terhadap kabel telepon maupun kabel untuk wifi. Jenis tang ini pada dasarnya hanya mampu dipergunakan untuk alat kelistrikan yang termasuk kategori lemah saja. Hingga tak cocok jika dipakai untuk kelistrikan tinggi.

Tang Cabut Kakatua

jenis tang cabut kakatua
penjual.padiumkm.id

Tak sedikit orang menyebut jenis tang dan fungsinya kali ini memakai sebutan tang kakaktua. Hal ini lantaran tampilan rahang yang ada pada alat ini layaknya paruh milik burung kakaktua. Tak jarang jenis peralatan ini dipergunakan untuk alat bangunan.

Dimana fungsinya yakni untuk melakukan pemotongan terhadap kawat. Kemudian juga melakukan pencabutan terhadap objek seperti paku dengan cukup kuat. Tak hanya sekedar itu, alat ini juga dapat dipakai untuk melakukan pemotongan kabel maupun beragam benda berukuran kecil lainnya.

Tang Rivet

jenis tang rivet
mataharijaya.co.id

Jenis tang ini secara umum sering dipakai pada dunia mebel. Contohnya adalah seperti ketika melakukan pembuatan lemari, kemudian rak serta berbagai macam benda mebel lainnya. Akan tetapi bahan yang dipakai khusus dari stainless steel maupun seng.

Pasalnya alat ini dikenal mempunyai fungsi guna melakukan pemasangan maupun penembakan terhadap paku rivet. Dimana bagiannya adalah terletak di bagian mebel yang dilakukan penyambungan atau penyatuan.

Tang Burung

jenis tang burung
shopee.co.id

Bagi yang belum mengetahui mengapa jenis tang dan fungsinya ini dinamakan memakai Tang Burung. Maka jawabannya adalah lantaran bentuk rahang yang dihadirkan punya kemiripan dengan tampilan paruh burung. Kelebihan dari peralatan ini yaitu kepemilikan akan pengungkit yang tergolong lebih panjang.

Serta juga mempunyai daya cengkram cenderung lebih kuat. Pekerja dapat sering menjumpai jenis alat ini pada dunia perpipaan. Fungsinya tidak lain untuk memegang pipa, serta juga menjadi penghubung antar pipa. Dari fungsi yang dimiliki tak jarang orang menyebut peralatan ini memakai Tang Pipa.

Tang Potong Kabel

jenis tang potong kabel
harga-jual.com

Tidak jauh berbeda dari julukan yang dipakai. Pasalnya jenis tang kali ini memang mempunyai fungsi untuk menjalankan pemotongan serta pengelupasan kabel dengan cukup rapi. Perlu diketahui bahwa 7 bagian dari alat ini punya tampilan bergerigi.

Dimana bagian yang dimaksud adalah rahang yang mempunyai fungsi kayaknya gunting. Cara pemakaian dari alat ini yaitu pelajar hanya perlu memasukkan label pada bagian yang bergerigi tersebut. Sesuaikan dengan ukuran kabel yang ada, lalu tinggal tekan serta putar saja.

Tang Skun Hidrolik

jenis tang skun hidrolik
www.ruparupa.com

Adapun fungsi yang dimiliki oleh Tang satu ini tidak lain yaitu melakukan penyambungan terhadap label menuju skun. Istilah skun sendiri bisa dipahami sebagai sepatu kabel. Nantinya dalam hal ini bakal dibutuhkan yang namanya pompa sampai skun mampu terpasang pada kabel.

Lantaran tang ini memakai tenaga pompa, maka tak heran apabila tang ini tergolong lebih mudah, terjangkau, serta ramah terhadap lingkungan. Umumnya jenis alat ini sering dipakai pada dunia kelistrikan maupun elektronika. Secara umum aplikasinya pada bagian kelistrikan maupun kabel yang berukuran besar.

Tang Skun Manual

jenis tang skun manual
shopee.co.id

Dapat dikatakan bahwa jenis tang dan fungsinya ini mempunyai kemiripan dengan Tang bernama Skun Hidrolik. Akan tetapi yang menjadi letak perbedaan antara keduanya yaitu tang ini memakai tenaga manual. Dimana fungsinya untuk menjalankan press di bagian kabel dengan bantuan dari skun kabel.

Bahkan tidak sedikit yang menilai bahwa jenis peralatan ini cukup sulit dalam hal pemakaian. Hal ini dikarenakan cara kerja yang dimiliki oleh alat ini masih memanfaatkan keberadaan dari tenaga tangan.

Hingga yang terjadi apabila tengah yang dimiliki tangan kurang kuat mala hasil press yang terjadi juga kurang maksimal. Alat ini sering dipakai untuk menjalankan press terhadap kabel yang mempunyai tekanan listrik yang rendah hingga sedang.

Tang Slip Joint

jenis tang slip joint
shopee.co.id

Mungkin saja bagi pengguna motor maupun mobil pernah memperoleh jenis alat satu ini ketika melakukan pembelian motor ataupun mobil. Adapun kegunaan yang dimiliki oleh jenis yang dan fungsinya kali ini yaitu untuk melakukan penggenggaman maupun pemutaran terhadap objek.

Dimana objek yang dimaksud seringnya adalah berupa mur maupun baut. Apabila dilihat sekilas alat ini memiliki kemiripan dengan daftar tang bernama kombinasi. Yang menjadi perbedaan yakni Tang Slip Joint hadir memakai prinsip kerja yang tergolong sederhana serta tidak mempunyai fungsi memotong.

Tang Krone

jenis tang krone
shopee.co.id

Daftar terakhir jenis tang dan fungsinya terdapat nama Tang Krone. Apabila dilihat dari tampilan visual yang dihadirkan. Peralatan ini memang punya tampilan yang tergolong tidak sama dari tang kebanyakan. Fungsinya tidak lain guna menjalankan pemasangan maupun penghubungan kabel telepon pada objek.

Dimana objek yang dimaksud adalah bagian terminal dari LSA di telepon. Bahkan dapat dikatakan bahwa jenis alat satu ini harus dimiliki oleh seseorang yang berprofesi sebagai teknisi telepon.

Demikian pembahasan mengenai daftar jenis tang dan fungsinya yang perlu dipahami para pekerja. Hal ini penting terutama bagi orang yang banyak berkecimpung di dunia kelistrikan, kemudian bagunan, lalu mebel dan lainnya. Mengingat tang yang tidak sama jenisnya, maka fungsinya juga berbeda pula.

Untuk itu supaya hasil pekerjaan yang didapatkan dapat maksimal, maka pekerja dapat memakai alat yang sesuai dengan kebutuhan. Mengingat apabila terjadi kesalahan penggunaan pada alat juga berdampak pada hasil. Misalnya saja ketika hendak menyambungkan pipa namun yang dipakai adalah alat untuk memotong kabel tentunya akan rancu.

Tinggalkan komentar