20 Kata Kata Pepeling Sunda Bikin Merinding

Pepeling dimaknai sebagai nasihat orang tua, terutama mereka yang sudah merasakan banyak pengalaman hidup. Nasihat pepeling tepat ditujukan bagi diri sendiri atau anak muda. Ulasan kumpulan kata kata pepeling sunda bikin merinding ini, patut direnungi manakala menghadapi permasalahan hidup.

Pepeling berikut dapat menjadi bahan renungan di bermacam situasi. Uraian masing-masing contohnya dapat disimak di bawah ini.

Baca Juga:

Kata Kata Pepeling Sunda Suasana Berduka

Seseorang yang sedang berduka akibat kehilangan membutuhkan waktu sendiri dan merenungi kehilangan yang dialaminya. Sejumlah 5 kumpulan kata kata pepeling Sunda bikin merinding berikut ini dapat digunakan untuk situasi berduka.

Teu kunanaon sedih, tapi cukup. Tong manja diri ku kasedih. Kusabab urang oge bakal maot ka nu boga sabenerna.
(Tak apa bersedih, tapi secukupnya saja. Jangan rusak diri dengan kesedihan. Sebab kita pun nantinya akan berpulang ke pemilik yang sesungguhnya).

Percanten ka abdi, jalma anu sae pasti bakal angkat ka tempat anu sae. Bagja, sabab manehna geus balik ka tempat pangalus-Na.
(Percayalah, orang baik pasti akan berpulang ke tempat yang baik. Bahagialah, karena dia sudah berpulang ke tempat terbaiknya).

Balikna jalma anu dipikacinta sedih, tapi sanes hartosna anjeun ceurik sadaya waktos. Hayu aranjeunna beristirahat di alam anyar.
(Kepulangan orang tersayang memang menyedihkan, tetapi bukan berarti menangisinya terus-terusan. Biarkan mereka tenang di alam yang baru).

Jalma anu tilar dunya parantos ngalaksanakeun tugasna sabisa-bisa. Urang kudu ngadu’a ka diri urang sorangan anu teu cukup bekel lamun disaur Nu Maha Kawasa.
(Mereka yang berpulang sudah menuntaskan tugasnya dengan sebaik mungkin. Sepatutnya, kita menangisi diri sendiri yang belum punya cukup bekal jika dipanggil oleh Yang Maha Kuasa).

Ceurik, tapi tong hilap ngadoakeun aranjeunna. Doakeun sing salawasna bagja dina kahuripan anyarna.
(Menangislah, tapi jangan lupa panjatkan doa untuk mereka. Berdoalah agar mereka senantiasa bahagia di kehidupannya yang baru).

Kata Kata Pepeling Sunda Galau

Kegalauan kerap kali mengundang perasaan negatif lainnya. Dari kumpulan kata kata pepeling Sunda bikin merinding, 5 diantaranya bisa diberikan kepada orang yang galau. Kata kata tersebut antara lain:

Tong hariwang kana hiji hal anu parantos diatur ku Gusti. Jodoh geus ditangtukeun ku Gusti, lamun memang jodoh bakal papanggih jeung ngahiji.
(Jangan galau atas suatu perkara yang sudah ditetapkan Tuhan. Jodoh itu sudah ditentukan Tuhan, kalau memang jodoh pasti bakal bertemu dan bersatu).

Ngarasa kesel teu pikaresepeun. Tapi, tanpa kesel anjeun moal tiasa ngeunteung naon anu anjeun peryogikeun. Pikir taliti, ulah kaduhung.
(Perasaan galau memang tidak menyenangkan. Tapi, tanpa galau kamu gak akan bisa merenung apa yang sebenarnya kamu butuhkan. Renungi baik-baik, jangan sampai menyesal).

Percaya yen kalakuan alus atawa goreng salawasna aya hasilna. Teu perlu haying hal goreng ka nu ngahianat cinta. Engke, manehna bakal ngarasa kalakuan jahat sorangan.
(Percayalah bahwa perbuatan baik maupun jahat selalu ada balasannya. Tak perlu mendoakan yang buruk-buruk kepada pengkhianat cinta. Kelak, dia akan merasakan perbuatan jahatnya sendiri).

Kahariwang ngan bakal ngahakan di nonoman anjeun. Bangun, jalma anu anjeun pikirkeun henteu merta mikirkeun anjeun. Hade ngalakukeun hal mangpaat.
(Kegalauan hanya akan menggerogoti masa mudamu. Bangkit, orang yang kamu pikirkan belum tentu memikirkanmu. Lebih baik melakukan hal lain yang bermanfaat).

Cinta teh masalah pajeulit, utamana lamun datang ka persetujuan kolotna. Tong buru-buru mutuskeun urusan cinta. Nyuhunkeun ka Gusti ngalangkungan doa anjeun, Gusti Nu Maha Kawasa.
(Cinta memang perkara rumit, apalagi ketika terbentur restu orang tua. Jangan terburu-buru memutuskan perkara cinta. Tanyakan pada Tuhan lewat sholatmu, Tuhan Yang Maha Tahu).

Kata Kata Pepeling Sunda untuk Perpisahan

Momen perpisahan tentu sangat sulit. Terlebih jika orang yang berpisah telah lama bersahabat atau bersama. Gunakan kumpulan kata kata pepeling Sunda bikin merinding kepada sahabat atau orang tersayang seperti ini:

Pipisahan lain hartina saling mopohokeun. Tong hilap kenangan anu parantos diciptakeun babarengan. Hayu urang saling jani pikeun papanggih hiji poe.
(Perpisahan bukan berarti saling melupakan. Jangan lupakan kenangan yang sudah diciptakan bersama-sama. Ayo saling berjanji untuk bertemu suatu hari nanti).

Kasedih kusabab perpisahan pasti aya, khususna pikeun urang anu parantos babarengan salami ieu. Tapi, ulah ngantep kasedihan ieu ngahalangan urang pikeun ngahontal tujuan.
(Kesedihan karena perpisahan pasti ada, apalagi kita yang selama ini bersama-sama. Tapi, jangan sampai kesedihan ini menghalangi kita meraih cita-cita).

Urang putus teu kusabab nanaon goreng. Ngan sababaraha hal anu teu tiasa dilakukeun babarengan. Mudah-mudahan kahareup urang bakal leuwih hade sanajan urang teu bararengan.
(Kita berpisah bukan karena sesuatu yang buruk. Hanya saja, beberapa hal tak bisa dijalani bersama-sama. Semoga diri kita semakin baik ke depannya meskipun sudah tidak beriringan).

Jauh atawa deukeut, urang tetep babaturan. Jarak lain wates pikeun teu silih asuh. Tetep silaturahmi, oke!
(Jauh ataupun dekat, kita tetaplah sahabat. Jarak bukan batasan untuk tidak saling peduli. Tetap berkomunikasi satu sama lain, ya!)

Tetela, rasa cinta wungkul teu cukup pikeun bisa ngajaga urang babarengan. Henteu masalah kumaha nyerina perpisahan ieu, anjeun parantos hartosna pisan pikeun kuring.
(Ternyata, perasaan cinta saja tidak cukup untuk bisa membuat kita bersama. Seperih apapun perpisahan ini, kamu pernah begitu berarti buatku).

Kata Kata Pepeling Sunda untuk Masa-masa Sulit

Manusia di sepanjang hidupnya sangat mungkin mengalami masa-masa sulit. Berikut ulasan kata kata pepeling untuk masa-masa sulit yang dapat dipilih dari kata kata pepeling Sunda bikin merinding.

Allah henteu pernah nguji hamba-hamba-Na di luar bayas anu sanggup ditanggung hamba. Isukan jaman susah ieu bakal diganti ku jaman alus.
(Tuhan tak sekalipun pernah memberi ujian hamba-Nya lebih dari apa yang hamba tersebut mampu pikul. Esok masa-masa sulit ini akan berganti dengan masa yang menyenangkan).

Manusa diuji lain sabab Allah teu mikaasih. Sabalikna, Allah hoyong nunjukkeun yen manusa tangguh sareng tiasa naek pangkat.
(Manusia diuji bukan karena Tuhan tak sayang. Justru Tuhan ingin menunjukkan bahwa manusia itu tangguh dan bisa naik derajat).

Teu aya perjuangan anu sia-sia. Usaha anjeun pasti bakal hasil. Upami teu di dunya ieu, teras di akhirat.
(Tak ada perjuangan yang yang sia-sia. Perjuanganmu juga pasti akan membuahkan hasil baiknya. Bila bukan di dunia ini, maka di dunia selanjutnya).

Biasana ngarasa cape nalika ngalangkungan waktos susah. Istirahat lamun ngarasa cape. Sanajan kitu, ulah nyerah.
(Merasa lelah ketika menjalani masa sulit sangatlah wajar. Istirahatlah jika merasa lelah. Namun, jangan pernah menyerah).

Senang sareng susah mangrupikeun hiji paket. Janten, mustahil pikeun anjeun ngalaman kasusah tanpa diganjar ku kasenangan saatosna. Janten, yakin yen jaman susah bakal mungkas.
(Senang dan susah itu satu paket. Jadi, tidak mungkin kamu mengalami kesusahan tanpa dihadiahi kesenangan setelahnya. Jadi, yakinlah bahwa masa-masa susah akan berakhir).

Demikian ulasan mengenai 20 kumpulan kata kata pepeling Sunda bikin merinding untuk keadaan yang dialami. Gunakanlah sesuai dengan situasi yang terjadi dan ditujukan kepada siapapun yang memerlukan. Sebelum menasehati orang lain, perlu menasehati diri sendiri dan menjalankan pepeling Sunda tersebut.

Tinggalkan komentar